tag:blogger.com,1999:blog-35611006998448152902024-02-20T00:09:41.836-08:00sosiologibeautifulparkhttp://www.blogger.com/profile/07909590342406710857noreply@blogger.comBlogger1125tag:blogger.com,1999:blog-3561100699844815290.post-13551942398003314772009-07-14T21:16:00.002-07:002009-07-14T21:59:49.450-07:00Pemerintahan Kabupaten Malang<br />Dinas Pendidikan<br />SMA Negeri 1 Kepanjen<br />2009<br /> <br />RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN<br /><br /> Satuan Pendidikan : SMA<br />Mata Pelajaran : Sosiologi<br />Kelas / Semester : X/1<br />Materi Pokok : Sosiologi sebagai Ilmu yang Mengkaji Hubungan Masyarakat. <br />Pertemuan : 1<br />Alokasi Waktu : 2 x 45’’<br /><br /> 1. Standar Kompetensi : Memahami perilaku keteraturan hidup sesuai dengan nilai dan norma yang berlaku di masyarakat.<br /><br />2. Kompetensi Dasar : Kemampuan menjelaskan fungsi sosiologi sebagai ilmu yang mengkaji masyarakat dan lingkungan.<br /><br />3. Indikator : § Mendefinisikan sosiologi sebagai ilmu.<br /> § Mendiskripsikan sumbangan pemikiran para sosiolog terhadap sosiologi.<br /> § Mendeskripsikan kegunaan sosiologi dengan obyeknya.<br /> § Mendeskripsikan kedudukan sosiologi dengan ilmu lain.<br /><br />4. Tujuan Pembelajaran<br /> Siswa mampu menjelaskan :<br /> § Sosiologi sebagai ilmu.<br /> § Sumbangan pemikiran para sosiolog terhadap sosiologi.<br /> § Kegunaan sosiologi dengan obyeknya.<br /> § Kedudukan sosiologi dengan ilmu lain.<br /><br />5. Materi Pelajaran<br /> § Sosiologi sebagai ilmu.<br /> § Sumbangan pemikiran para sosiolog terhadap sosiologi.<br /> § Kegunaan sosiologi dengan obyeknya.<br /> § Kedudukan sosiologi dengan disiplin ilmu lain.<br /><br />6. Media Pembelajaran<br /> § Peta konsep, Buku Sosiologi.<br /><br /><br />Sosiologi sebagai ilmu<br />Pengertian<br />Obyek<br />Kegunaan<br />Tokoh<br /><br /><br /><br /><br /><br /><br /><br /><br /><br /><br /><br /><br /><br /><br />7. Strategi dan Metode Pembelajaran<br /> § Strategi : CTL<br /> § Model : Pembelajaran Kooperatif,<br /> § Type : TGT<br /> § Pendekatan : Konsep<br /> § Metode : Ceramah, diskusi dan pemberian tugas.<br /><br />8. Penilaian/Evaluasi<br />§ Jenis tagihan : individu<br />§ Bentuk Tagihan : tes lisan atau tertulis.<br />§ Bentuk penilaian :<br />a. Keaktifan siswa dalam mencari informasi.<br />b. Kualitas hasil kemampuan menggali informasi.<br />§ Tindak lanjut :<br />a. Siswa dinyatakan berhasil, jika tingkat pencapaiannya 75% atau lebih.<br />b. Memberikan program remedial untuk siswa yang tingkat pencapaiannya kurang dari 75%.<br />c. Memberikan program pengayaan untuk siswa yang tingkat pencapaiannya lebih dari 75%.<br /><br />Butiran Soal<br />§ Jelaskan yang dimaksud dengan Sosiologi!<br />§ Apakah obyek sosiologi?<br />§ Siapa tokoh Sosiologi dunia?<br />§ Sebutkan 4 ciri sosiologi sebagai ilmu!<br /><br /><br />9. Skenario Kegiatan/Pengalaman Belajar<br /><br />Fase<br />Kegiatan<br />Waktu<br />1.<br />Pendahuluan<br />Guru menyampaikan tujuan pembelajaran dan memotivasi siswa.<br />· Tujuan : Setelah mempelajari materi ini siswa diharapkan<br />dapat memahami fungsi sosiologi sebagai ilmu dan metode yang mengkaji masyarakat dan lingkungan.<br />· Motivasi : Tahukah kamu apa yang dimaksud dengan<br />Sosiologi?<br />Apa sajakah yang dipelajari dalam Sosiologi?<br /><br /><br />5’<br /><br /><br /><br />5’<br />2.<br />Pelaksanaan<br />· Guru membagi buku paket.<br />· Guru menyuruh siswa menggali informasi tentang konsep-konsep sosiologi.<br />· Siswa menggali informasi tentang kegunaan sosiologi.<br />· Siswa menggali informasi tentang ciri sosiologi sebagai ilmu.<br />· Siswa mendeskripsikan kajian obyek sosiologi.<br />· Siswa menggali tujuan mempelajari sosiologi.<br />· Siswa menggali kedudukan sosiologi dengan ilmu yang lain.<br /><br />10’<br />35’<br />3.<br />Scafolding.<br />· Guru melakukan bimbingan terhadap siswa.<br /><br />4.<br />Validasi<br />· Guru menunjuk siswa secara acak untuk mengemukakan hasil dari menggali informasi.<br /><br />20’<br />5.<br />Quizze<br />15’<br /><br /><br /><br /><br /><br /><br /><br /><br />10. Sumber Bacaan<br />§ Sosiologi SMA untuk Kelas X, Erlangga. <br />§ Sosiologi SMA untuk Kelas X KTSP, Bumi Aksara, Pabundu Tika.<br />§ Sosiologi Suatu Pengantar, Soerjono Soekanto.<br /><br /><br /><br /><br /><br /><br /><br /> Mengetahui, Kepanjen, 14 Juli 2008<br />Kepala Sekolah SMAN 1 Kepanjen Guru Mata Pelajaran<br /><br /><br /><br />Drs. H. Dwi Tjahjono Widayat, M. Si Teresia Imacolata, S.Sos<br /> NIP. 131288315<br /><br />RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN<br /><br /><br /><br />Satuan Pendidikan : SMA<br />Mata Pelajaran : Sosiologi<br />Kelas / Semester : X/1<br />Materi Pokok : Sosiologi sebagai Ilmu yang Mengkaji Hubungan<br /> Masyarakat. <br />Pertemuan : 2<br />Alokasi Waktu : 2 x 45’’<br /><br /><br /><br />1. Standar Kompetensi <br />Memahami perilaku keteraturan hidup sesuai dengan nilai dan norma yang berlaku di masyarakat.<br /><br />2. Kompetensi Dasar<br />Kemampuan menjelaskan fungsi sosiologi sebagai ilmu yang mengkaji masyarakat dan lingkungan.<br /><br />3. Indikator<br />Mendiskripsikan konsep dasar dan metode-metode sosiologi<br /><br />4. Tujuan Pembelajaran<br />§ Siswa mampu menjelaskan :<br />§ Pendekatan sosiologi.<br />§ Peran sosiologi.<br />§ Metode sosiologi.<br /><br />5. Materi Pelajaran<br />§ Sosiologi sebagai metode.<br />§ Pendekatan sosiologi<br />§ Peran sosiologi.<br />§ Metode sosiologi.<br /><br />6. Media Pembelajaran<br />§ Peta konsep, Buku Sosiologi.<br />Pendekatan<br />Cross sectional studies<br />Longitudinal studies<br />Expost fakto studies<br /><br /><br /><br /><br /><br /><br /><br /><br /><br /><br />Peran Sosiologi<br />Sebagai ahli riset<br />Sebagai konsultan kebijakan<br />Sebagai teknisi<br />Sebagai guru/pendidikan<br /><br /><br /><br /><br /><br /><br /><br /><br /><br /><br /><br />Metode<br />Kuantitatif<br />Kualitatif<br /><br /><br /><br /><br /><br /><br /><br />7. Strategi dan Metode Pembelajaran<br />§ Strategi : CTL<br />§ Model : Pembelajaran Kooperatif,<br />§ Type : TGT<br />§ Pendekatan : Konsep<br />§ Metode : Ceramah, diskusi dan pemberian tugas.<br /><br />8. Penilaian/Evaluasi<br />§ Jenis tagihan : individu<br />§ Bentuk Tagihan : tes lisan atau tertulis.<br />§ Bentuk penilaian :<br />a. Keaktifan siswa dalam mencari informasi.<br />b. Kualitas hasil kemampuan menggali informasi.<br />§ Tindak lanjut :<br />a. Siswa dinyatakan berhasil, jika tingkat pencapaiannya 75% atau lebih.<br />b. Memberikan program remedial untuk siswa yang tingkat pencapaiannya kurang dari 75%.<br />c. Memberikan program pengayaan untuk siswa yang tingkat pencapaiannya lebih dari 75%.<br /><br />Butiran Soal<br />§ Sebutkan masing-masing 4 contoh pengetahuan dan ilmu pengetahuan!<br />§ Uraikan singkat kegunaan sosiologi!<br />§ Jelaskan tujuan ilmu sosiologi!<br />§ Bedakan dengan contoh antara metode kuantitatif dan kualitatif dalam<br />sosiologi!<br /><br />9. Skenario Kegiatan/Pengalaman Belajar<br /><br />Fase<br />Kegiatan<br />Waktu<br />1.<br />Pendahuluan<br />Guru menyampaikan tujuan pembelajaran dan memotivasi siswa.<br />· Tujuan : Setelah mempelajari materi ini siswa diharapkan<br />dapat memahami fungsi sosiologi sebagai ilmu dan metode yang mengkaji masyarakat dan lingkungan.<br />· Motivasi : Tahukah kamu peran sosiologi bagi masyarakat?<br /><br /><br />5’<br /><br /><br /><br />5’<br />2.<br />Pelaksanaan<br />· Guru membagi buku paket.<br />· Guru menyuruh siswa menggali informasi tentang konsep sosiologi sebagai metode.<br />· Siswa menggali informasi tentang pendekatan-pendekatan yang digunakan dalam sosiologi.<br />· Siswa mendeskripsikan peran sosiologi.<br />· Siswa menggali informasi tentang metode-metode dalam sosiologi.<br /><br />10’<br />35’<br />3.<br />Scafolding.<br />· Guru melakukan bimbingan terhadap siswa.<br /><br />4.<br />Validasi.<br />· Guru menunjuk siswa secara acak untuk mengemukakan hasil dari menggali informasi.<br /><br />20’<br />5.<br />Quizze<br />15’<br /><br />10. Sumber Bacaan<br />§ Sosiologi SMA untuk Kelas X, Erlangga. <br />§ Sosiologi SMA untuk Kelas X KTSP, Bumi Aksara, Pabundu Tika.<br />§ Sosiologi Suatu Pengantar, Soerjono Soekanto.<br /><br /><br /><br /><br /><br /><br /><br /> Mengetahui, Kepanjen, 14 Juli 2008<br />Kepala Sekolah SMAN 1 Kepanjen Guru Mata Pelajaran<br /><br /><br /><br />Drs. H. Dwi Tjahjono Widayat, M. Si Teresia Imacolata, S.Sos<br /> NIP. 131288315<br /> Mendefinisikan sosiologi sebagai ilmu.<br /> Mendiskripsikan sumbangan pemikiran para sosiolog terhadap sosiologi.<br />§ Mendeskripsikan kegunaan sosiologi dengan obyeknya.<br />§ Mendeskripsikan kedudukan sosiologi dengan ilmu lain.<br /><br />4. Tujuan Pembelajaran<br />Siswa mampu menjelaskan :<br />§ Sosiologi sebagai ilmu.<br />§ Sumbangan pemikiran para sosiolog terhadap sosiologi.<br />§ Kegunaan sosiologi dengan obyeknya.<br />§ Kedudukan sosiologi dengan ilmu lain.<br /><br />5. Materi Pelajaran<br />§ Sosiologi sebagai ilmu.<br />§ Sumbangan pemikiran para sosiolog terhadap sosiologi.<br />§ Kegunaan sosiologi dengan obyeknya.<br />§ Kedudukan sosiologi dengan disiplin ilmu lain.<br /><br /><br />6. Media Pembelajaran<br />§ Peta konsep, Buku Sosiologi.<br /><br /><br />Sosiologi sebagai ilmu<br />Pengertian<br />Obyek<br />Kegunaan<br />Tokoh<br /><br /><br /><br /><br /><br /><br /><br /><br /><br /><br /><br /><br /><br /><br />7. Strategi dan Metode Pembelajaran<br />§ Strategi : CTL<br />§ Model : Pembelajaran Kooperatif,<br />§ Type : TGT<br />§ Pendekatan : Konsep<br />§ Metode : Ceramah, diskusi dan pemberian tugas.<br /><br />8. Penilaian/Evaluasi<br />§ Jenis tagihan : individu<br />§ Bentuk Tagihan : tes lisan atau tertulis.<br />§ Bentuk penilaian :<br />a. Keaktifan siswa dalam mencari informasi.<br />b. Kualitas hasil kemampuan menggali informasi.<br />§ Tindak lanjut :<br />a. Siswa dinyatakan berhasil, jika tingkat pencapaiannya 75% atau lebih.<br />b. Memberikan program remedial untuk siswa yang tingkat pencapaiannya kurang dari 75%.<br />c. Memberikan program pengayaan untuk siswa yang tingkat pencapaiannya lebih dari 75%.<br /><br />Butiran Soal<br />§ Jelaskan yang dimaksud dengan Sosiologi!<br />§ Apakah obyek sosiologi?<br />§ Siapa tokoh Sosiologi dunia?<br />§ Sebutkan 4 ciri sosiologi sebagai ilmu!<br /><br /><br />9. Skenario Kegiatan/Pengalaman Belajar<br /><br />Fase<br />Kegiatan<br />Waktu<br />1.<br />Pendahuluan<br />Guru menyampaikan tujuan pembelajaran dan memotivasi siswa.<br />· Tujuan : Setelah mempelajari materi ini siswa diharapkan<br />dapat memahami fungsi sosiologi sebagai ilmu dan metode yang mengkaji masyarakat dan lingkungan.<br />· Motivasi : Tahukah kamu apa yang dimaksud dengan<br />Sosiologi?<br />Apa sajakah yang dipelajari dalam Sosiologi?<br /><br /><br />5’<br /><br /><br /><br />5’<br />2.<br />Pelaksanaan<br />· Guru membagi buku paket.<br />· Guru menyuruh siswa menggali informasi tentang konsep-konsep sosiologi.<br />· Siswa menggali informasi tentang kegunaan sosiologi.<br />· Siswa menggali informasi tentang ciri sosiologi sebagai ilmu.<br />· Siswa mendeskripsikan kajian obyek sosiologi.<br />· Siswa menggali tujuan mempelajari sosiologi.<br />· Siswa menggali kedudukan sosiologi dengan ilmu yang lain.<br /><br />10’<br />35’<br />3.<br />Scafolding.<br />· Guru melakukan bimbingan terhadap siswa.<br /><br />4.<br />Validasi<br />· Guru menunjuk siswa secara acak untuk mengemukakan hasil dari menggali informasi.<br /><br />20’<br />5.<br />Quizze<br />15’<br /><br /><br /><br /><br /><br /><br /><br /><br />10. Sumber Bacaan<br />§ Sosiologi SMA untuk Kelas X, Erlangga. <br />§ Sosiologi SMA untuk Kelas X KTSP, Bumi Aksara, Pabundu Tika.<br />§ Sosiologi Suatu Pengantar, Soerjono Soekanto.<br /><br /><br /><br /><br /><br /><br /><br /> Mengetahui, Kepanjen, 14 Juli 2008<br />Kepala Sekolah SMAN 1 Kepanjen Guru Mata Pelajaran<br /><br /><br /><br />Drs. H. Dwi Tjahjono Widayat, M. Si Teresia Imacolata, S.Sos<br /> NIP. 131288315<br /><br />RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN<br /><br /><br /><br />Satuan Pendidikan : SMA<br />Mata Pelajaran : Sosiologi<br />Kelas / Semester : X/1<br />Materi Pokok : Sosiologi sebagai Ilmu yang Mengkaji Hubungan<br /> Masyarakat. <br />Pertemuan : 2<br />Alokasi Waktu : 2 x 45’’<br /><br /><br /><br />1. Standar Kompetensi <br />Memahami perilaku keteraturan hidup sesuai dengan nilai dan norma yang berlaku di masyarakat.<br /><br />2. Kompetensi Dasar<br />Kemampuan menjelaskan fungsi sosiologi sebagai ilmu yang mengkaji masyarakat dan lingkungan.<br /><br />3. Indikator<br />Mendiskripsikan konsep dasar dan metode-metode sosiologi<br /><br />4. Tujuan Pembelajaran<br />§ Siswa mampu menjelaskan :<br />§ Pendekatan sosiologi.<br />§ Peran sosiologi.<br />§ Metode sosiologi.<br /><br />5. Materi Pelajaran<br />§ Sosiologi sebagai metode.<br />§ Pendekatan sosiologi<br />§ Peran sosiologi.<br />§ Metode sosiologi.<br /><br />6. Media Pembelajaran<br />§ Peta konsep, Buku Sosiologi.<br />Pendekatan<br />Cross sectional studies<br />Longitudinal studies<br />Expost fakto studies<br /><br /><br /><br /><br /><br /><br /><br /><br /><br /><br />Peran Sosiologi<br />Sebagai ahli riset<br />Sebagai konsultan kebijakan<br />Sebagai teknisi<br />Sebagai guru/pendidikan<br /><br /><br /><br /><br /><br /><br /><br /><br /><br /><br /><br />Metode<br />Kuantitatif<br />Kualitatif<br /><br /><br /><br /><br /><br /><br /><br />7. Strategi dan Metode Pembelajaran<br />§ Strategi : CTL<br />§ Model : Pembelajaran Kooperatif,<br />§ Type : TGT<br />§ Pendekatan : Konsep<br />§ Metode : Ceramah, diskusi dan pemberian tugas.<br /><br />8. Penilaian/Evaluasi<br />§ Jenis tagihan : individu<br />§ Bentuk Tagihan : tes lisan atau tertulis.<br />§ Bentuk penilaian :<br />a. Keaktifan siswa dalam mencari informasi.<br />b. Kualitas hasil kemampuan menggali informasi.<br />§ Tindak lanjut :<br />a. Siswa dinyatakan berhasil, jika tingkat pencapaiannya 75% atau lebih.<br />b. Memberikan program remedial untuk siswa yang tingkat pencapaiannya kurang dari 75%.<br />c. Memberikan program pengayaan untuk siswa yang tingkat pencapaiannya lebih dari 75%.<br /><br />Butiran Soal<br />§ Sebutkan masing-masing 4 contoh pengetahuan dan ilmu pengetahuan!<br />§ Uraikan singkat kegunaan sosiologi!<br />§ Jelaskan tujuan ilmu sosiologi!<br />§ Bedakan dengan contoh antara metode kuantitatif dan kualitatif dalam<br />sosiologi!<br /><br />9. Skenario Kegiatan/Pengalaman Belajar<br /><br />Fase<br />Kegiatan<br />Waktu<br />1.<br />Pendahuluan<br />Guru menyampaikan tujuan pembelajaran dan memotivasi siswa.<br />· Tujuan : Setelah mempelajari materi ini siswa diharapkan<br />dapat memahami fungsi sosiologi sebagai ilmu dan metode yang mengkaji masyarakat dan lingkungan.<br />· Motivasi : Tahukah kamu peran sosiologi bagi masyarakat?<br /><br /><br />5’<br /><br /><br /><br />5’<br />2.<br />Pelaksanaan<br />· Guru membagi buku paket.<br />· Guru menyuruh siswa menggali informasi tentang konsep sosiologi sebagai metode.<br />· Siswa menggali informasi tentang pendekatan-pendekatan yang digunakan dalam sosiologi.<br />· Siswa mendeskripsikan peran sosiologi.<br />· Siswa menggali informasi tentang metode-metode dalam sosiologi.<br /><br />10’<br />35’<br />3.<br />Scafolding.<br />· Guru melakukan bimbingan terhadap siswa.<br /><br />4.<br />Validasi.<br />· Guru menunjuk siswa secara acak untuk mengemukakan hasil dari menggali informasi.<br /><br />20’<br />5.<br />Quizze<br />15’<br /><br />10. Sumber Bacaan<br />§ Sosiologi SMA untuk Kelas X, Erlangga. <br />§ Sosiologi SMA untuk Kelas X KTSP, Bumi Aksara, Pabundu Tika.<br />§ Sosiologi Suatu Pengantar, Soerjono Soekanto.<br /><br /><br /><br /><br /><br /><br /><br /> Mengetahui, Kepanjen, 14 Juli 2008<br />Kepala Sekolah SMAN 1 Kepanjen Guru Mata Pelajaran<br /><br /><br /><br />Drs. H. Dwi Tjahjono Widayat, M. Si Teresia Imacolata, S.Sos<br /> NIP. 131288315beautifulparkhttp://www.blogger.com/profile/07909590342406710857noreply@blogger.com0